Beranda | Artikel
Kiat Mengatasi Was-Was Ketika Shalat
Jumat, 23 November 2018

Bersama Pemateri :
Syaikh `Abdurrazzaq bin `Abdil Muhsin Al-Badr

Kiat Mengatasi Was-Was Ketika Shalat adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan Kitab Ta’dhim Ash Shalah, sebuah kitab buah karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr. Pembahasan ini juga disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada 3 Rabbi’ul Awwal 1440 H / 11 November 2018 M.

Status Program Kajian Kitab Ta’dhim Ash Shalah

Status program Kajian Ta’dhim Ash Shalah: telah selesai.

Download juga kajian sebelumnya: Khusyu’ dalam Melaksanakan Shalat

Kajian Tentang Kiat Mengatasi Was-Was Ketika Shalat – Kitab Ta’dhim Ash Shalah

Gangguan ini merupakan satu penyakit yang banyak diderita oleh orang-orang yang shalat. Mereka merasa terganggu dengan godaan-godaan dan bisikan-bisikan ketika seorang berada didalam shalatnya. Maka pada kajian ini kita akan membahas kiat-kiat untuk mengatasi gangguan-gangguan tersebut.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَنَمَةَ قَالَ : رَأَيْتُ عَمَّارَ بْنَ يَاسِرٍ دَخَلَ الْمَسْجِدَ فَصَلَّى ، فَأَخَفَّ الصَّلَاةَ ، قَالَ : فَلَمَّا خَرَجَ قُمْتُ إِلَيْهِ ، فَقُلْتُ : يَا أَبَا الْيَقْظَانِ لَقَدْ خَفَّفْتَ قَالَ : فَهَلْ رَأَيْتَنِي انْتَقَصْتُ مِنْ حُدُودِهَا شَيْئًا ؟ قُلْتُ : لَا ، قَالَ : فَإِنِّي بَادَرْتُ بِهَا سَهْوَةَ الشَّيْطَانِ . سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : إِنَّ الْعَبْدَ لَيُصَلِّي الصَّلَاةَ مَا يُكْتَبُ لَهُ مِنْهَا إِلَّا عُشْرُهَا ، تُسْعُهَا ، ثُمُنُهَا ، سُبُعُهَا ، سُدُسُهَا ، خُمُسُهَا ، رُبُعُهَا ، ثُلُثُهَا نِصْفُهَا

Dari sahabat Abdullah bin ‘Anamah beliau berkata bahwa beliau pernah melihat sahabat ‘Ammar bin Yaasir masuk kedalam masjid kemudian shalat. Namun beliau shalat dengan shalat yang pendek. Maka ketika beliau keluar, berkata Abdullah bin ‘Anamah, ‘Wahai Abu Yaqdzon! Engkau telah shalat dengan shalat yang ringan,’ Maka sahabat ‘Ammar bin Yaasir mengatakan, ‘Apakah engkau melihat saya mengurangi dari batasan-batasan shalat?’  Abdullah bin ‘Anamah berkata, “Tidak” sahabat ‘Ammar bin Yaasir berkata, ‘Sungguh aku cepat-cepat agar aku tidak diganggu oleh setan. Aku pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Sesungguhnya seseorang hamba shalat dan tidak ditulis pahala untuk shalatnya kecuali sepersepuluhnya, sepersembilannya, seperdelapannya, sepertujuhnya, seperenamnya, seperlimanya, sepertiganya atau setengahnya.‘”

Ketahuilah sesungguhnya semakin banyak gangguan dan bisikan-bisikan yang ada pada diri seseorang ketika dia shalat. Dan semakin banyak gangguan tersebut, maka semakin berkurang pahala shalatnya. Dan kebutuhan seorang hamba untuk menolak gangguan-gangguan tersebut agar ia mendapatkan pahala yang sempurna dari shalatnya adalah sesuatu yang sangat penting. Karena sesungguhnya seseorang tidak akan mendapatkan pahala dari shalatnya kecuali dari apa yang dia fahami dari shalat tersebut.

Dan yang dapat membantu seseorang agar bisa mengurangi bisikan-bisikan tersebut ada dua hal. Pertama adalah kuatnya dorongan untuk melaksanakan shalat tersebut dan yang kedua adalah lemahnya gangguan-gangguan.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullahu ta’ala menjelaskan dua hal tersebut:

Simak pada menit ke – 06:35

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Kiat Mengatasi Was-Was Ketika Shalat – Kitab Ta’dhim Ash Shalah


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/45267-kiat-mengatasi-was-was-ketika-shalat/